Kenari lokal nasibmu Kini

Lagi-lagi kita harus ulas kembali masalah kenari lokal yang akhir-akhir ini mulai banyak dilupakan para hobiis dijagat perburungan. Apa yang sebetulnya paling menarik dari sosok Kenari ? jawaban terbanyak tentu indah warna dan merdu suaranya. Cukupkah dua identitas tersebut untuk menjadikan kenari lokal sebagai icon kebanggaan masyarakat Lampung ? tentu saja perlu waktu untuk menjawabnya.

Kenari sebetulnya merupakan burung tipe penyanyi, bahkan kami berani berhipotesis meskipun perawatan kurang maksimal kami yakin kenari tetaplah bersuara meskipun tidak semerdu dibandingkan dengan pola perawatan yang maksimal. Masalahnya adalah ketika kenari mampu bersuara merdu maka tidak jarang dihargai hingga jutaan rupiah sebaliknya bagi kenari yang tidak memiliki suara yang bagus harganya bisa terjun bebas. Hal inilah yang mungkin perlu diperhitungkan bersama-sama para pecinta kenari baik sebagai pemain maupun sebagai peternak. Terutama kepada peternak tentu saja memiliki tanggung jawab besar untuk melestarikan dan membentuk kenari lokal yang handal.

Sepanjang pengalaman kami bergelut dengan kenari lokal, minimalnya ada dua syarat jika kenari lokal dianggap berkualitas yang pertama adalah memiliki mental yang bagus ketika bertanding dan memiliki kicauan suara yang merdu baik suara standar kenari maupun suara isian dari burung lain. Kedua syarat ini bisa terpenuhi ketika kenari diolah sejak berumur dibawah 7 hari dan sebetulnya makin cepat penanganan maka makin baik pula hasilnya.

Ketika anakan kenari berumur 7 hari dari pola makan mulai kita bentuk misalkan kenari dibiasakan mengkonsumsi wortel dan kecambah (kedua jenis sayuran ini Kenari lokal jarang suka sehingga perlu dibiasakan sejak kecil). Wortel diaanggap mampu memunculkan warna kenari agar lebih terang dan kecambah diharapkan dapat memicu produktivitas kenari kelak jika dijadikan indukan untuk ternak. Kembali pada masalah mental untuk melatih mental kenari sebetulnya kembali pada pembiasaan sejak kecil kenari diperkenalkan dengan lawan tandingnya (tentu saja yang sepadan umur dan posturnya) atau dengan cara ekstrim kita dapat meletakan kenari didekat jalan yang banyak lalu lalang kendaraan (untuk hal ini perlu harti-hati dengan keamanan kenari).  Untuk suara tetaplah mesti dilakukan pemasteran sejak awal, sepengalaman kami Kenari yang dimaster seak kecil memiliki kecenderungan suara masteran tidak mudah hilang bahkan tetap lestari meskipun melewati masa mabung. Hanya saja yang menjadi catatan mesti hati-hati sebab suara asli kenari bisa hilang total dan biasanya sulit untuk dikembalikan.

Tentang kenarilampung

Kenari Lampung merupakan salah satu nama peternakan Kenari. konsentrasi pada kenari lokal dengan mengutamakan varians baru dan isian full pada kenari.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s